MODIFIKASI REMOTE FLYSKY I6 KE OPEN TX / OPEN AVRC

Assalamaualaikum semuanya, jumpa kembali dengan saya Aattsani yang sudah sekian lama belum sempat update postingan di blog ini, maklum banyak kerjaan jadi disempat-sempatkan saja..hehhe
Oke pada kesempatan kali ini, saya akan memenuhi janji saya yang kemarin, kalo gak salah kemarin saya sempat posting video mengenai hasil modifikasi remote Flysky i6 dengan menggunakan Firmware dari Open Source OpenTX/Open AVRc  yang menyerupai tampilan remote kelas premium contohnya seperti : Taranis X9D, Taranis Qx7, Taranis X Lite, Jumper dan lain sebagainya yang sudah memakai Firmware OpenTX, yang mana jika kita membeli remote tersebut sangatlah lumayah harganya,, makanya saya iseng-iseng memodifikasi seperti gambar di samping ini. Sebenarnya modifikasi ini sudah
Flysky i6 mod Open AVRc by Aattsani 
banyak orang yang membuat di Komunitas RC Luar sana, cuman berhubung menurut saya tutorialnya masih kurang jelas dalam artian dari segi bahasanya yang sulit dipahami dan mungkin *maaf* bagi orang yang baru kenal/baru ingin mencoba memodifikasinya akan sangat sulit dipraktekan,, makanya dari itu saya berusaha mencoba membuat tutorialnya semudah mungkin agar bisa di pahami langsung oleh semuanya, tujuannya bukan ingin menghancurkan pasaran remote kelas mahal, tapi berhubung ini Firmware open source yang mana boleh di pakai untuk setiap orang, jadi saya mencoba berbagi tutorial supaya orang lain dapat merasakan sensasi memakai remote murah, tapi dengan fitur seperti remote kelas premium yang bisa dibilang lah "FLYSKY I6 RASA TARANIS".
dari semenjak saya posting video reviewnya, banyak anak-anak group bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya, bagaimana cara memasang Firmwarenya dan bagaimana cara merakit komponen dan bagian bagiannya tersebut. Nah makanya di postingan kali ini saya akan membahasnya semaksimal mungkin, dan jika ada yang kurang mohon di koreksi agar saya bisa secepatnya memperbaiki. Hal pertama yang perlu diketahui untuk kalian semua yang benar benar penasaran dengan project ini, saya asumsikan sedikit, ini adalah project yang membutuhkan ketelitian dan tingkat keberhasilnnya sekitar 80%, 20% lagi adalah tingkat kegagalan, kenapa bisa gagal? ya karena ketelitian semua orang itu beda beda,,bisa terjadi karena bosan karena belum jadi-jadi juga, human error ataupun faktor pikiran. jadi usahakan bagi yang benar benar ingin mencoba project ini harus benar benar bersabar supaya berhasil.
Oke, kembali ke pokok bahasan, di project ini saya menggunakan remote Flysky i6 sesuai judul diatas dan diusahakan remote tersebut dalam keadaan rusak, kenapa harus harus dalam keadaan rusak? ya, soalnya jika kalian menggunakan remote FS i6 yang masih normal dan masih dipakai, menurut saya sangat disayangkan, karena pada saat proses modifikasi bagian komponen di dalam board Flysky i6 tersebut ada yang di copot contohnya seperti Microcontroller STM, RF A7105 Bawaan dan komponen-komponen lainnya supaya tidak menyebabkan short dan LCD nya bisa berjalan dengan normal untuk Controller penggantinya yaitu menggunakan Arduino Mega 2560pro yang mana memiliki banyak pin output dan support kedalam sistem openTX/openAVRc. baik mari kita mulai saja proses modifikasinya

Alat-alat dan bahan yang wajib kalian siapkan adalah
1. Remote Flysky i6 bekas/rusak
2. Arduino MEGA 2560 Pro
3. Resitor 200 ohm, 1K, 2,7K, 5,1K, 10K
4. Kabel Jumper Kecil/AWG30
5. Solder
6. Tang potong
7. dll

Dalam modifikasi ini ada beberapa tahap yang mesti kalian lakukan diantaranya : Pencopotan komponen di board, perakitan komponen, dan Flash Board. langsung saja

Tahap Pencopotan Komponen
ditahap ini kalian wajib mencopot komponen-komponen yang menempel di board Flysky tersebut, bukan lain karena jika tidak di copot akan mengakibatkan short dibagian LCD. komponen yang perlu kalian copot adalah : IC Microcontroller STM, RF A7105, Resitor dan Capasitor, supaya lebih jelas saya sudah siapkan dalam bentuk gambar petunjuknya.

jika sudah kalian copot semua, selanjutnya masuk ke tahap perakitan.

Tahap Perakitan
jika board diatas sudah dicopot, selanjutnya tinggal kalian pasang papan Arduino Mega 2560 Pro untuk controllernya dan lanjut ke proses jumper, yang pertama kita jumper adalah bagian LCDnya. perlu kalian ketahui bahwa Flysky i6 memakai LCD 128 x 64 Pixel dengan type HSG12864-35 dan memakai ST7565P sebagai drivernya datasheetnya bisa di download disini atau gambar disamping
untuk acuan pinoutnya, kalian bisa sambung pin demi pin seperti pada tabel dibawah 



atau untuk petunjuk pemasangannya saya sudah siapkan dalam bentuk skema board asli seperti di bawah ini.
Skema Pin LCD ke Mega 2560 by Aattsani



dan sebagai acuan perakitannya saya sudah siapkan video tutorialnya dibawah ini :

PART I

PART II

PART III
PART IV

25 comments:

  1. Ilmu yang sangat bermanfaat
    Ditunggu kelanjutan bersambungnya

    ReplyDelete
  2. Untuk pin penambahan tombol belum ada,caranya belum di jelaskan

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum sempat tuli s potingannya,, tapi di video sudah ada tutorialnya

      Delete
  3. selain type LCD HSG12864-35 type lcd apa saja yg dapat terhubung?

    ReplyDelete
  4. Untuk rangenya sendiri gimana caranya biar agak jauhan dikit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Om aat! met mlm.... mau nanya lg, modal tx e011 biar bisa jadi opentx + modul jp4in1 kira2 perlu ap aj ya dan budget nyampai brapa? Sarannya dong thanks

      Delete
  5. terima kasih kontribusi yang baik, pertanyaan di mana 2,7 k resistor pergi ke posisi mana yang harus dilas dan dapatkah Anda menjelaskan kepada saya mengapa jembatan dibuat dengan resistor tolong tolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajib pakai divider dikarenakan supply lcd bawaaan fs i6 adalah 3.3v, jadi solusi lain harus di turunkan supplynya melalui resistor divider

      Delete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Will this work on a day i6x? What extra parts need to be removed?

    ReplyDelete
    Replies

    1. basically the same can run, but maybe the lcd pin position is different

      Delete
  8. Jika menggunakan lcd 128×64 driver ST7920 bisa enggak om. Apakah sama saja.?

    ReplyDelete
  9. bisa om, nanti di compile open avrcnya di set type lcdnya..

    ReplyDelete
  10. Mw tnya om, tombol yg di atas bind me, itu di solder'a kemana ya?

    ReplyDelete
  11. Gan di jual nggak?
    Kalo di jual berapa harganya?
    Soalnya kalau mau di buat agak ribet 😁😁

    ReplyDelete
  12. Minta no wa nya dong om, mau minta tolong bikinin kaya gini

    ReplyDelete
  13. Halo om, untuk GND dari resitor itu di hubungkan ke GND pcb atau ke GND arduino ?

    ReplyDelete
  14. Saya kehilangan radio saya Saya tidak mengerti modul RF mana yang Anda gunakan Dan tidak menunjukkan gambar bagaimana koneksi dibuat

    ReplyDelete

Powered by Blogger.